jump to navigation

Modifikasi Tampilan Flashdisk Juni 22, 2009

Posted by whiray in Tips.
trackback

Sekarang hampir semua orang sudah punya flashdisk. Flashdik memang sudah barang mahal lagi sekarang. Tips ringan ini untuk memodifikasi flashdisk, mulai dari bikin start menu kayak flashdisk U3, sampe setting backgroundnya. Modal utamanya cuma 2 buah file, yaitu: autorun.inf dan desktop.ini. Yang autorun.inf diletakkan di direktori pusat (root directory)nya flashdisk untuk menentukan program yang jalan secara otomatis, setting label flashdisk, ganti icon flashdisk dll. Sedangkan yang file desktop.ini diletakkan di setiap folder yang akan dicustomize, digunakan untuk ganti background dan ganti icon folder yang bersangkutan

Yup, langsung aja! Langkah pertama bikin file autorun.inf nya dulu. Formatnya seperti ini:

[autorun]
OPEN =program.exe
ICON = icon.ico
ACTION = Caption Yang Muncul Pada Autorun
LABEL = Label Pada Windows Explorer

Dari format di atas mungkin sudah jelas. Setelah kata open, diisi dengan program yang akan berjalan secara otomatis. Biasanya virus suka memasang program virusnya disini. Untuk kali ini kita akan memakai program PStart, supaya nanti di flashdisk kita ada semacam startmenu seperti pada flashdisk U3 dan startmenunya windows. Sebelumnya download dulu filenya di sini. Biar lebih enak, biasanya semua program saya kumpulkan dalam satu folder, misalkan folder ‘Program’ dan ‘Portable’. Program PStarnya saya taruh di folder ‘Program’. Setelah itu jalankan program PStart, pilih menu File –> Scan for executables… lalu pilih direktori di flashdisk yang isinya program. Biar lebih enak, lebih baik dicari satu per satu supaya terkumpulkan dalam satu grup, seperti ini
Contoh PStart
Setelah kata ‘icon’ diisi dengan letak icon yang akan dipakai untuk flashdisk. Biasaya saya mengumpulkannya ke dalam satu folder, misalkan aja folder ‘icon’, so ntar jadinya kayak gini:

[autorun]
icon = icon\iconku.ico

Untuk iconnya bisa cari diinternet. Tapi klo Anda tertarik dengan icon program, dan ingin ambil iconnya, bisa pake program Icon Catcher. Karena programnya masih trial:grin:, jadi sekali search hanya bisa untuk mengambil satu icon saja. Klo mo ngambil icon lagi, harus diclose dulu baru disearch lagi n diambil iconnnya. Caranya gampang, pilih salah satu dari ‘Find All’, ‘Find in Folder’ or ‘Find in File’, setelah itu pilih icon yang muncul, trus klik kanan n pilih ‘Save selected…’ n simpan di flashdisk Anda.
Setelah itu, untuk mengganti backgroundnya, bisa make program Folder Tweaker. Program ini juga bisa digunakan untuk mengganti icon folder
Ganti background dengan folder tweaker
setelah di OK, akan terbentuk file ‘Desktop.ini’ yang isinya seperti ini:


[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0
IconFile=I:\Program\PStart.exe
IconIndex=0
InfoTip=Flashdisk keren poenyaQ
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=I:\icon\kucing bersaudara2.png

perhatikan setelah kata ‘IconArea_Image’, di situ alamatnya bersifat absolut, yaitu I:\icon\kucing bersaudara2.png, harus dijadikan alamat yang relatif, dengan tujuan ketika flashdisk kita dipindahkan ke komputer lain, maka tidak akan terjadi broken link, kan nggak mungkin flashdisk kita pasti dikaitkan ke drive ‘I’ terus, bisa saja setelah flashdisk kita dicabut dan ditancapkan lagi, dapetnya drive ‘M’ dll. So, perlu diedit menjadi alamat relatif seperti ini ‘\icon\kucing bersaudara2.png’, artinya relatif terhadap root direktori flashdisk. Atau diubah menjadi ‘icon\kucing bersaudara2.png’ artinya relatif terhadap file ‘Desktop.ini’. Yang perlu diingat, tidak semua folder di flashdisk akan berganti backgroundnya, karena file ‘Desktop.ini’ hanya mengacu ke folder dimana file ‘Desktop.ini’ tersebut diletakkan. Klo pengen diganti semua folder ya harus dikasih satu per satu😛
Ini dia hasilnya
Hasil akhir
di contoh flashdisk saya, ada 2 file autorun.inf, kenapa yah:thinking:Yah, nggak ada maksud lain cuman buat backup aja. Biasanya virus suka mengganti file autorun.inf di setiap drive, tak terkecuali flashdisk. Jadi klo file autorun.inf saya diganti ma virus, tinggal dicopy lagi aja dengan punyaQ yang asli.

Komentar»

1. bocahbancar - Juni 27, 2009

HHm….OK OK…

Nice info yawh…..

2. asep jamil - Juli 17, 2009

terikasih….

3. Go-bloG's - Mei 2, 2010

mantap bro…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: