jump to navigation

Meringankan Loading Windows XP Juni 4, 2009

Posted by whiray in Tips.
trackback

Punya komputer jadul dan serba kekurangan resources??? Saya salah satu orang yang punya komputer tersebut, bahkan posting ini saya ketik dengan komputer jadul P3-450MHz, HDD 6,4GB dan SDRAM 450MB… Benar-benar jadul kan??? :-D :-D :-D

Saya merasakan loading Window$ dan running aplikasinya berjalan lambat (saya pake Window$ XP Home). Lalu saya berfikir bagaimana meringankan loading OS saya. Memang ada beberapa aplikasi yang dibuat khusus untuk (katanya) mempercepat loading OS, tetapi kalau dipikir lagi, aplikasi tersebut juga menggunakan resources komputer. Apa tidak malah memperlambat…??? :-( Begitu pikiran saya…

Tapi setelah saya coba-coba cari dan utak-atik, saya ketemu salah satu dari sekian banyak (sekali lagi dari sekian banyak) cara untuk meringankan loading OS tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Tips ini, atau tepatnya fitur ini tidak akan berguna abgi Anda yang menyukai tampilan dan desain desktop yang wah, penuh warna dan artistik. Apalagi kalau Anda menggunakan aplikasi skin seperti Window$ Blind dan sebagainya, sebaiknya lupakanlah tips ini dan baca posting yang lain saja… :-( Karena tips ini hanya berlaku untuk Anda yang mementingkan kecepatan loading dari pada desain dan tampilan.

Ok, sekarang gimana caranya? Sebelumnya saya mau ingatkan dulu bahwa tips ini tidak mampu meningkatkan kecepatan loading dengan signifikan, tetapi Anda akan dapat merasakan bedanya…

Pertama, ubah desktop Anda menjadi Window$ Classic Style melalui klik kanan desktop lalu pilih Properties, klik tab Appearance. Pada bagian Windows and buttons, pilih Windows Classic Style, lalu Apply dan OK.

Selanjutnya, klik kanan icon My Computer, pilih Properties. Pilih tab Advanced lalu dibagian Performance, klik Setting.

Anda disuguhkan pada 4 pilihan performance, silahkan Anda coba saja satu per satu. Untuk performance terbaik (loading lebih cepat) pilih Adjust for best performance atau pilih Custom kemudian hilangkan semua tanda centang yang ada. Klik Apply lalu OK untuk menerapkan perubahan yang Anda lakukan.

Restart komputer untuk memaksimalkan perubahannya.

Baik, itulah salah satu cara dari sekian banyak cara dan tips-tips untuk memaksimalkan dan meningkatkan loading Window$ tanpa bantuan aplikasi.

Semoga tips di atas bermanfaat dan Anda yang menerapkannya bisa merasakan manfaatnya seperti saya :-D :-D

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

